Detail Artikel

Launching Kampung Adidaya PIK 2 : PIK 2 Memberikan Bantuan Bibit serta Pakan Ikan kepada Kelompok Wanita Tani “Anyelir” Pangkalan

Program Pemberdayaan Masyarakat oleh Tim ComDev PT Kukuh Mandiri Lestari - PIK 2 masih terus berlanjut, salah satunya pada Kelompok Binaan Kelompok Wanita Tani “Anyelir” Desa Pangkalan, Kecamatan Teluknaga.

Mengusung konsep Kampung Adidaya PIK 2, yang berarti Kampung Cakap Berdaya, pada hari ini Rabu 18 Mei 2022, Tim ComDev PIK 2 memberikan sebanyak 13.315 ekor bibit ikan bawal dan 1.000 ekor bibit ikan lele, serta 4 ton pakan ikan. Kegiatan ini dihadiri oleh:

1. Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang yang diwakili oleh Ibu Hj. Andriyani, selaku Kabid P3 beserta jajarannya

2. Bapak Zamzam Manohara selaku Camat Kecamatan Teluknaga, 

3. Kepala Desa Pangkalan yaitu Bapak Ahmad Muhrim beserta Kelompok Wanita Tani "Anyelir".

4. Bapak Rio dan Bapak Okto selaku perwakilan dari PT Kukuh Mandiri Lestari - PIK 2

Program ini disambut baik oleh masyarakat Desa Pangkalan karena dapat meningkatkankan perekonomian masyarakat serta mendapat respon positif dari aparatur daerah Kabupaten Tangerang yaitu Dinas Perikanan. 

Pada penyerahan bibit kali ini, kegiatan diawali dengan prosesi tebar bibit di beberapa tempat yaitu 

1. Taman Edukasi Pangkalan (https://maps.app.goo.gl/z2a4tcLBQmpjWEU79)

2. Saung Ki Dalang (https://maps.app.goo.gl/pEScn1naZ6uVdbNW8)

3. Saung Ki Ayub (https://maps.app.goo.gl/z2a4tcLBQmpjWEU79)

Selain memberikan bibit dan pakan, Tim ComDev juga memperkenalkan teknologi Recirculating Aquaculture System (RAS) yang merupakan sistem budidaya ikan secara intensif dengan menggunakan sistem yang memanfaatkan air secara terus-menerus dengan tujuan untuk mengontrol dan menstabilkan kondisi kolam ikan, mengurangi jumlah penggunaan air serta mengatur kadar oksigen dalam kolam. Tentunya dengan menggunakan sistem RAS ini budidaya ikan akan meningkat secara produktifitas karena dilengkapi aerator dan sistem bio filter akan membuat budidaya semakin produktif, serta diberikan juga 2 pasang filter yang berfungsi untuk menyaring kotoran dan mensuplai oksigen.

Harapannya semoga program pemberdayaan yang telah dirancang oleh Tim ComDev PIK 2 berjalan dengan lancar dan dapat memberi manfaat untuk masyarakat Desa Pangkalan, serta terjalin tali asih antar masyarakat, Pemerintah Kabupaten Tangerang, dan PIK 2.

menu
menu