Detail Artikel

PIK 2 Meluncurkan Program 'Si Melon' dalam rangka Upaya Mencegah dan Menurunkan Angka Stunting di Kecamatan Teluknaga - Kabupaten Tangerang.

Dalam rangka mendukung program pemerintah dalam mencegah serta menurunkan stunting di yang ada di Kabupaten Tangerang,  PT Kukuh Mandiri Lestari bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang.

Pada Kamis, 16 Juni 2022 PT Kukuh Mandiri Lestari - PIK2 meluncurkan Metode Si Melon yang merupakan kepanjangan dari "Masyarakat sEhat berkaLa menuju zerO stuNting" yang bertujuan untuk menurunkan angka stunting di lokus stunting yang ada di Kecamatan Teluknaga yaitu di Desa Muara, Desa Lemo, Desa Pangkalan, dan Desa Tegal Angus.

PIK2 mencoba melakukan terobosan baru, yaitu memperkenalkan ekosistem 'Si Melon', dimana bahan-bahan pendukung gerakan ini diciptakan dan diadakan dari desa-desa yang ada di Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang. Pemberian Makanan Tambahan (PMT) yang diberikan berupa ikan lele olahan yang diambil dari UMKM Desa Tanjung Burung & Desa Muara yang berlokasi di Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang

Dalam program ini, Tim Community Development PIK 2 memberikan makanan tambahan kepada bayi di bawah usia 2 tahun, ibu hamil anemia dan ibu hamil kekurangan energi kronis untuk mencegah lahirnya bayi-bayi stunting baru.

Program ini akan dilaksanakan selama 12 bulan mulai bulan Juni 2022 sampai dengan Mei 2023.

Pada peluncuran si melon dihadiri oleh:

1.       Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Tangerang yang dihadiri oleh Kepala Dinas DPPKB, dr. Hendra Tarmizi

2.       Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang yang diwakili oleh dr. Sri Indriyani

3.       Tim Penggerak PKK Kabupaten Tangerang yang diwakili oleh Ibu Hj. Enny Sukaeni Hendy Sudjono dan Tim

4.       Bappeda yang diwakili oleh Bapak Kirwan

5.       Camat Kecamatan Teluknaga Bpk Zamzam Manohara

6.       Township Management PT Kukuh Mandiri Lestari yang diwakili oleh Bapak Restu Mahesa & Stephan Bambang

“Program Stunting Si Melon dari PIK 2 ini diharapkan akan menjadi role model dalam mengentaskan permasalahan stunting di Kabupaten Tangerang” ujar dr. Hendra Tarmizi selaku Sekretaris Tim Percepatan dan Penurunan Stunting Kabupaten Tangerang.

Selain itu, pada Hari Jum’at 17 Juni 2022 telah dilaksanakan Pembekalan Kader PKK dan Sosialisasi Orang Tua Anak dan Ibu Hamil tentang Pencegahan Stunting di Kecamatan Teluknaga. Materi pembekalan diberikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, yaitu Ibu Fitri dan Ibu April tentang Stunting, Inisiasi Menyusui Dini, dan Asi Eksklusif. Kegiatan ini dihadiri juga oleh Kepala Puskesmas Tegal Angus yaitu dr. Allan.

Pemberian Makanan Tambahan diberikan pada tanggal 20 Juni 2022 di masing-masing desa lokus, yaitu Desa Muara, Desa Lemo, Desa Tegal Angus, dan Desa Pangkalan.

Diharapkan dengan adanya Si Melon dapat membantu pemerintah dalam upaya mencegah dan menurunkan angka stunting di Kabupaten Tangerang.


#PIK2SEHAT


menu
menu